cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN)
ISSN : 24600741     EISSN : 25489364     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN) merupakan peer reviewed journal di bidang informatika. Jurnal ini diterbitkan 3 bulan dalam setahun (April, Agustus, dan Desember) oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura, Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1" : 5 Documents clear
Aplikasi Pemilihan Resep Masakan Berdasarkan Ketersediaan Bahan Masakan dengan Metode Simple Matching Coefficient (SMC) Sari, Ramadhaniati; Tursina, Tursina; Sukamto, Anggi Srimurdianti
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1138.508 KB) | DOI: 10.26418/jp.v5i1.31341

Abstract

Resep masakan dibutuhkan sebagai suatu sarana yang dapat menuntun pada saat mempersiapkan bahan-bahan masakan, cara pembuatan serta cara penyajian agar menghasilkan masakan dengan citra rasa yang lezat, nikmat, dan menarik. Sering kali seorang pengolah makanan seperti ibu rumah tangga yang mencari resep memiliki kesulitan untuk menentukan menu apa yang akan dimasak dengan bahan masakan yang tersedia di dapur. Oleh karena itu, dibangun aplikasi berbasis website untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pemilihan resep masakan berdasarkan bahan masakan yang tersedia di dapur pengguna. Banyaknya jumlah data resep masakan yang bervariasi, yang didapat dari berbagai sumber buku resep masakan dan situs di internet, maka memungkinkan untuk menerapkan penalaran berbasis kasus atau yang dikenal dengan Case-Based Reasoning (CBR).  Case-Based Reasoning (CBR) merupakan penalaran yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan baru dengan cara mengadaptasi solusi-solusi yang terdapat pada kasus-kasus sebelumnya yang mempunyai permasalahan yang mirip dengan kasus yang baru. Dalam penelitian ini , peneliti menggunakan metode Simple Matching Coefficient (SMC) untuk menghitung kemiripan (similaritas). Aplikasi ini memberikan rekomendasi resep masakan apa saja yang dapat dibuat dengan meng-input-kan bahan-bahan masakan yang tersedia dan aplikasi ini juga memberikan resep lengkapnya beserta langkah-langkah memasak. Pengujian pada hasil akhir sistem menggunakan pengujian tahapan CBR, pengujian metode Simple Matching Coefficient (SMC) dan pengujian kuesioner dengan perhitungan metode Likert’s Summated Rating (LSR). Berdasarkan hasil pengujian metode Simple Matching Coefficient (SMC) dengan menggunakan 20 kasus uji, 16 kasus memiliki kesesuaian hasil dengan persentase keberhasilan sistem sebesar 80% sehingga sistem ini dapat memberikan rekomendasi resep masakan terbaik. Pada hasil pengujian dengan metode LSR menunjukkan skor 1343 yang artinya, hasil pengujian kuesioner menandakan responden menilai aplikasi sangat positif dan dinilai berhasil.
Review Tools Web Browser Forensics untuk Mendukung Pencarian Bukti Digital Sidiq, Muhammad Fajar; Faiz, Muhammad Nur
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.154 KB) | DOI: 10.26418/jp.v5i1.31430

Abstract

Perkembangan penggunaan internet yang semakin banyak setiap tahunnya mengakibatkan penggunaan web browser juga meningkat. Hal ini berdampak pada kejahatan dengan menggunakan web browser juga meningkat seperti penyalahgunaan email, hoax, hate speech, penipuan dan lainnya. Penelitian ini menunjukkan pentingnya mengenali aktivitas penggunaan web browser dari sisi korban dan pelaku. Penggunaan web browser ini akan menentukan pola atau alur kejahatan pada suatu insiden kejahatan. Hal ini akan membantu penyidik dalam menganalisis bukti digital secara cepat dan dapat mengungkap jenis kejahatan yang terjadi secara baik. Bukti digital yang dianalisis seperti akun, kata kunci pencarian, kunjungan web, dan lainnya. Penelitian ini memberikan penjelasan lokasi penyimpanan bukti digital, format waktu yang digunakan dan 10 tools yang digunakan penyidik dalam mengungkap kejahatan dengan media web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari dan Opera.
JSON Web Token (JWT) untuk Authentication pada Interoperabilitas Arsitektur berbasis RESTful Web Service Gunawan, Rohmat; Rahmatulloh, Alam
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (869.47 KB) | DOI: 10.26418/jp.v5i1.27232

Abstract

Permasalahan donor darah merupakan masalah disetiap negara, termasuk di Indonesia. Walaupun sudah ada sistem di Palang Merah Indonesia (PMI) namun belum bisa mengatasi permasalahan pencarian maupun distribusi donor darah. Sesuai trend sekarang di jaman gadget yaitu maraknya penggunaan Android, maka untuk mengatasi masalah ini diperlukan aplikasi berbasis Android. Sementara untuk integrasi dengan sistem yang sudah ada diperlukan web service sebagai backend system sehingga layanan donor darah dapat diakses oleh berbagai platform. Arsitektur yang digunakan pada web service menggunakan REST, namun masih ada beberapa masalah pada REST yaitu mengenai keamanan pada proses otentikasi. Pada arsitektur REST diperlukan metode otentikasi yang tidak bernegara (stateless), salah satunya dapat menggunakan JSON Web Token. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan JSON Web Token Authentication pada Web Service and Backend System Blood Donors dapat membentuk sistem yang sangat skalabel, aman, mampu berinteraksi multi-platform serta dapat diandalkan.
Exploitation with Reverse_tcp Method on Android Device using Metasploit Putra, Rizky Dwiananda; Mardianto, Is
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (947.751 KB) | DOI: 10.26418/jp.v5i1.26893

Abstract

Android is a popular operating system on smartphone which run on linux kernel. Android operating system allows developers to access and modify source code, but this advantage also increases the security issue. One of the various attack is exploit, that many attacker carry out this type of attack to get sensitive user information. In this research, exploit attacks are done used some tool such as metasploit framework and this experiment is done on android device which one be a target attack. The result obtained from this exploit attack in the form of an understanding of how to conduct exploit attack, analyze the interaction of attacker with victim, analyze the workings of exploit attack and how long will it take to set up a payload with bash script shell. All the details of the analyze will give us the conclusions and strategies to make the android operating system more secure.
Pembuatan Game Online BoMCleaN sebagai Media Pembelajaran Kebersihan Lingkungan -, Sussi; Shihab, Kusvihawan Muhammad; Munadi, Rendy; Prasojoe, Rahmat Ramadan; Fitriyanti, Nurwulan
JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika) Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 No 1
Publisher : Program Studi Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.098 KB) | DOI: 10.26418/jp.v5i1.29874

Abstract

Perkembangan video game saat ini sangatlah pesat dan sudah beredar dalam berbagai genre permainan  seperti aksi, horror, pertualangan, puzzle dan game online. Seiring dengan perkembangan jaringan internet maka game online juga ikut berkembang dan mampu menarik banyak orang untuk memainkannya. Kebanyakan video game yang dibuat hanya ditujukan untuk menghabiskan waktu dan menghibur player agar jauh dari kebosanan. Pelajaran tentang kebersihan lingkungan perlu diajarkan sejak dini sehingga mampu membawa perubahan, baik berupa pengetahuan maupun tingkah laku. BoMCleaN adalah sebuah video game yang ditujukan untuk menghibur serta menambah kesadaran tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sambil bermain dengan pemain lainnya menggunakan konsep multiplayer. Fitur utama dalam video game BoMCleaN menantang pemain menempatkan sampah pada tempatnya yang tepat. BoMCleaN menjadi salah satu Media Pembelajaran Kebersihan Lingkungan (PKL) yang mampu menambah pengetahuan akan pengklasifikasian sampah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5